BIMBEL Bersama TFI
Pembelajaran di TK Islam Al-Hasanah dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia ( TFI)
Nama Dosen : Dian Anggraini Kusumajati SPsi.MPsi
Kode Dosen : D2978
Kelas : LB04
Tanggal
Pelaksanaan Pengajaran : 20
oktober 2015
Waktu/
Jam pengajaran : 08:00-10:00 (2 jam)
Lokasi
Pengajaran : TK Islam Al-Hasanah (Jl.
Ciputat Raya RT 005/07 No.21 Kel Pondok Pinang)
Jumlah
Peserta Didik :
43 anak terbagi dalam 3 kelas ( 20, 13,
dan 10 perkelas)
Nama
Kepala Sekolah TK :
Ibu Yani
Anggota
yang Hadir :
1. Fadhlurrahman Fajri Riyanto
2.
Erland Dannalie
3. Hendy Candra
4. Devina Agustin Kusuma
5. Elisa Tanuwijaya
6. Christopher Xavier
7. Hantoro Wicaksono
Anggota
yang Tak Hadir : -*Dari posisi kiri ke kanan
Hendy Candra, Christopher Xavier , Erland Dannalie,Elisa Tanuwijaya, Devina Agustin Kusuma , Hantoro Wicaksono, Fadhlurrahman Fajri Riyanto.
Bagian Isi
1. Teori :
Untuk minggu ketiga ini, kami mengajarkan dengan cara yang sedikit berbeda dengan memilih materi mengenai “favorite food” selain dengan memberikan tontonan anak mengenai makanan dalam format kartun anak, kami juga mengadakan belajar praktek dengan anak didik kami dengan belajar masak sederhana yaitu menghias kue donat.
2. Persiapan :
Pertama kami berkonsultasi dengan guru pembimbing kami seminggu sebelumnya dan kami pun diberikan masukan untuk mengadakan “cooking class” dipertemuan kali ini sehingga anak-anak mendapatkan pengalaman baru. Seperti biasa kami mengadakan uang kas perbulan dikelompok kami guna membeli bahan-bahan untuk cooking class anak-anak. Kami juga menyiapkan video dalam Bahasa Inggris mengenai makanan-makanan seperti kue muffin dan lain sebagainya.
3. Metode :
Metode yang digunakan adalah metode classroom dan praktikum bersama. Kami memberikan sebuah video dalam Bahasa Inggris mengenai makanan-makanan, lalu mengajak mereka semua untuk praktikum bersama di aula dan menghias donat bersama-sama sesuai dengan keinginan masing-masing anak.
4. PengukuranKinerja :
Padapengajaran kali inikinerja yang diukuradalah :
1. Waktukehadiran
2. Perilakusopansantun
3. Penggunaanatributmahasiswa
4. Penggunaanpakaian yang sopan
5. Kekompakandalammenjalankantugas
6. Materidan media yang diberikan
Dan dari hasil evaluasi kami dari salah satu volunteer (ketua kelompok), guru pedamping, dan kepalasekolah, kelompok kami sudah menunjukkan peningkatan yang luar biasa terutama dalam hal media pembelajaran
Bagian Penutupan
HASIL KEGIATAN
Tabel pemahaman anak-anak terhadap materi yang disampaikan
Materi mengenai makanan dalam Bahasa Inggris
Kelas
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
A
|
v
|
||||
B
|
v
|
||||
C
|
v
|
||||
Keterangan :
1 – 2 : Kurang
3 : Cukup
4 : Baik
5 : Sangat Baik
Tabelsikapanak-anakterhadapmateri
yang disampaikan.
Awal pengajaran
Kelas
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
A
|
V
|
||||
B
|
v
|
||||
C
|
v
|
||||
Keterangan :
1 – 2 : Kurang memperhatikan
3 : Cukup memperhatikan
4 : Antusias
5 : Aktif dalam kelas
Akhir pengajaran
Kelas
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
A
|
v
|
||||
B
|
v
|
||||
C
|
v
|
||||
Keterangan :
1 – 2 : Kurang memperhatikan
3 : Cukup memperhatikan
4 : Antusias
5 : Aktif dalam kelas
Kesimpulan :
Pada pengajaran kali ini anak-anak yang kami ajarkan menunjukkan rasa antusias yang luar biasa. Serta keaktifan mereka yang sangat luar biasa, bahkan sampai ada anak yang hanya masuk sekolah pada hari kami mengajar. Peningkatan media dalam materi pengajaran kami juga disambut dengan apresiasi positif dari kepala sekolah dan guru-guru pembimbing yang puas.
Next to do :
Kami akan berusaha yang mempertahankan hasil yang kami dapatkan ini dan akan terus meningkatkannya dan memperbaiki kesalahan-kesalahannya yang masih ada, dan kami akan berusaha untuk tetap memberikan yang terbaik.


Tidak ada komentar:
Posting Komentar