BIMBEL Bersama TFI
Pembelajaran di TK Islam Al-Hasanah dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia ( TFI)
Nama Dosen : Dian Anggraini Kusumajati SPsi.MPsi
Kode Dosen : D2978
Kelas : LB04
Tanggal
Pelaksanaan Pengajaran : 13
oktober 2015
Waktu/
Jam pengajaran : 08:00-10:00 (2 jam)
Lokasi
Pengajaran : TK Islam Al-Hasanah (Jl.
Ciputat Raya RT 005/07 No.21 Kel Pondok Pinang)
Jumlah
Peserta Didik :
43 anak terbagi dalam 3 kelas ( 20, 13,
dan 10 perkelas)
Nama
Kepala Sekolah TK :
Ibu Yani
Anggota
yang Hadir :
1. Fadhlurrahman Fajri Riyanto
2.
Erland Dannalie
3. Hendy Candra
4. Devina Agustin Kusuma
5. Elisa Tanuwijaya
6. Christopher Xavier
7. Hantoro Wicaksono
*Dari posisi kiri ke kanan
Hendy Candra, Elisa Tanuwijaya, Erland Dannalie , Fadhlurrahman Fajri Riyanto
, Christopher Xavier, Devina Agustin Kusuma , Hantoro Wicaksono.
Bagian Isi
1. Teori :
Untuk minggu ke 2, kami memilih materi buah-buahan serta warna-warna dalam Bahasa inggris, juga sedikit mengenai menulis, mewarnai, dan bernyanyi dalam Bahasa inggris
2. Persiapan :
Kami membelikan hadiah-hadiah untuk anak-anak yang aktif di kelas yang dananya bersumber dari swadaya kelompok kami serta mendownload video sebagai media untuk mengajarkan warna dan buah-buahan dalam Bahasa inggris ke anak-anak. Kami juga menyiapkan lembar mewarnai dan menulis untuk anak-anak yang bertemakan buah-buahan, serta kami membawa miniature buah-buahan sebagai media pembelajaran nyata buat anak-anak.
3. Metode :
Metode yang di gunakan adalah metode classroom. Kami memberikan sebuah lagu mengenai warna dan buah-buahan dalam Bahasa inggris, lalu kami menunjukkan miniatur buah-buahan dan sayur mayur sebagai media nyata dan memberikan lembar kerja mewarnai dan menulis kepada anak 1 per 1, serta mengajak mereka untuk menulis kembali sebagai sedikit pengingat untuk pelajaran di minggu lalu.
4. Pengukuran Kinerja :
Pada pengajaran kali ini kinerja yang diukur adalah :
1. Waktu kehadiran
2. Perilaku sopan santun
3. Penggunaan atribut mahasiswa
4. Penggunaan pakaian yang sopan
5. Kekompakan dalam menjalankan tugas
6. Materi dan media yang diberikan
Dan dari hasil evaluasi kami dari salah satu volunteer (ketua kelompok), guru pedamping, dan kepala sekolah, kelompok kami hampir dapat memenuhi seluruh pengukuran kerja dengan baik, hanya tinggal diperbaiki dibidang media yang perlu ditambah dan dikembangkan lagi.
Bagian Penutupan
HASIL KEGIATAN
Tabel pemahaman anak-anak terhadap materi yang disampaikan
Materi mengenal warna dan buah-buahan dalam Bahasa Inggris
Kelas
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
A
|
v
|
||||
B
|
V
|
||||
C
|
v
|
||||
Keterangan :
1 – 2 : Kurang
3 : Cukup
4 : Baik
5 : Sangat Baik
Materi mengingat warna dan buah-buahan dalam Bahasa Inggris
Kelas
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
A
|
v
|
||||
B
|
v
|
||||
C
|
v
|
||||
1 – 2 : Kurang
3 : Cukup
4 : Baik
5 : Sangat Baik
Materi menulis warna dan buah-buahan dalam Bahasa Inggris
Kelas
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
A
|
v
|
||||
B
|
v
|
||||
C
|
v
|
||||
1 – 2 : Kurang
3 : Cukup
4 : Baik
5 : Sangat Baik
Materi mewarnai warna dan buah-buahan dalam Bahasa Inggris
Kelas
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
A
|
v
|
||||
B
|
v
|
||||
C
|
v
|
||||
Keterangan :
1 – 2 : Kurang
3 : Cukup
4 : Baik
5 : Sangat Baik
Tabel sikap anak-anak terhadap materi yang disampaikan.
Awal pengajaran
Kelas
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
A
|
V
|
||||
B
|
v
|
||||
C
|
v
|
||||
1 – 2 : Kurang memperhatikan
3 : Cukup memperhatikan
4 : Antusias
5 : Aktif dalam kelas
Akhir pengajaran
Kelas
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
A
|
v
|
||||
B
|
v
|
||||
C
|
v
|
||||
1 – 2 : Kurang memperhatikan
3 : Cukup memperhatikan
4 : Antusias
5 : Aktif dalam kelas
Kesimpulan :
Walaupun kemampuan anak-anak yang berbeda sebagaimana sudah kami jelaskan pada laporan pengajaran pada sesi pertama, namun kali ini anak-anak sangat antusias. Hal ini dapat kami lihat semenjak kami baru datang ke TK tersebut, terlihat anak-anak sangat senang dan antusias atas kedatangan kami. Hal ini dirasakan karena anak-anak sudah kenal dengan kami sehingga anak-anak sudah lebih nyaman dengan kami.
Dikarenakan sudah lebih nyaman dengan kami, sehingga anak-anak yang kami ajar menunjukkan peningkatan yang sangat luar biasa, walaupun ada beberapa anak yang masih belum menunjukkan peningkatannya.
Dan pada pengajaran kali ini yang sangat harus diperbaiki adalah kami yang perlu lebih meningkatkan lagi media ajar kami dan persiapan kami untuk mengajar di pertemuan selanjutnya.
Next to do :
Untuk pengajaran kami selanjutnya kami yang masih mendapat saran seperti pada pertemuan minggu lalu akan berusaha untuk menambah media dalam pengajaran dikelas, dan kami akan berusaha dengan sebaik mungkin untuk memperbaiki itu. Hal itu juga menjadi pemikiran kami agar anak-anak yang kami ajar lebih tertarik dan mengerti apa yang kami ajarkan meskipun daya menangkap materi tiap kelas berbeda-beda.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar