BIMBEL Bersama TFI
Pembelajaran di TK Islam Al-Hasanah dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia ( TFI)
Nama Dosen : Alexander Banus
Kode Dosen : D4533
Kelas :
LB04
Tanggal
Pelaksanaan Pengajaran : 6
oktober 2015
Waktu/
Jam pengajaran : 08:00-10:00 (2 jam)
Lokasi
Pengajaran : TK Islam Al-Hasanah (Jl.
Ciputat Raya RT 005/07 No.21 Kel Pondok Pinang)
Jumlah
Peserta Didik :
43 anak terbagi dalam 3 kelas ( 20, 13,
dan 10 perkelas)
Nama
Kepala Sekolah TK :
Ibu Yani
Anggota
yang Hadir :
1. Fadhlurrahman Fajri Riyanto
2.
Erland Dannalie
3. Hendy Candra
4. Devina Agustin Kusuma
5. Elisa Tanuwijaya
6. Christopher Xavier
7. Hantoro Wicaksono
Anggota
yang Tak Hadir :
Bagian Isi
*Dari kiri ke kanan
Erland Dannalie, Hendy Candra, Hantoro Wicaksono ,Fadhlurrahman Fajri Riyanto,
Devina, Elisa Tanuwijaya, Christopher Xavier.
1.
Teori :
Karena ini merupakan minggu
pertama pengajaran serta permintaan langsung dari pihak TK untuk mengajar
Bahasa Inggris. Jad kali ini kami memulai mengajar tentang alphabet dalam
Bahasa inggris untuk minggu ini.
2.
Persiapan :
Kami mengumpulkan uang kas
didalam kelompok guna membeli hadiah-hadiah untuk anak yang aktif di dalam
kelas serta mendownload video kartun anak tentang alphabet Inggris sebagai
media untuk mengajarkan alphabet dalam Bahasa inggris ke anak-anak. Kami juga
menyiapkan alphabet dalam bentuk gambar untuk di warnai oleh anak-anak peserta
didik
3.
Metode :
Metode yang di gunakan adalah
metode classroom. Kami memberikan sebuah video kartun anak berisi lagu mengenai
alphabet dalam Bahasa Inggris, kemudian belajar melafalkan alphabet dan Bahasa
Inggris kemudian belajar menulis alphabet 1 per 1 serta menanyakan apa alphabet
tersebut dalam Bahasa Indonesia dan inggris sehingga peserta didik lebih cepat
hafal alphabet tersebut. Kemudian ditutup dengan tugas mandiri kreatif
anak-anak dengan mewarnai salah satu huruf dari alphabet, kemudian diadakan
kuis untuk anak-anak tersebut yang nantinya diberikan hadiah.
4.
Pengukuran Kinerja :
Pada pengajaran kali ini
kinerja yang diukur adalah :
1.
Waktu kehadiran
2.
Perilaku sopan santun
3.
Penggunaan atribut mahasiswa
4.
Penggunaan pakaian yang sopan
5.
Kekompakan dalam menjalankan
tugas
Dan
dari hasil evaluasi kami dari salah satu volunteer (ketua kelompok), guru
pedamping, dan kepala sekolah, kelompok kami dapat memenuhi seluruh pengukuran
kerja dengan baik.
Bagian
Penutupan
HASIL KEGIATAN
Tabel pemahaman anak-anak terhadap materi yang disampaikan
Ø Materi mengenal alphabet dalam Bahasa Inggris
Kelas
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
A
|
v
|
||||
B
|
V
|
||||
C
|
V
|
||||
Keterangan :
1 –
2 : Kurang
3 : Cukup
4 : Baik
5 : Sangat
Baik
Ø Materi mengingat alphabet dalam Bahasa Inggris
Kelas
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
A
|
v
|
||||
B
|
V
|
||||
C
|
v
|
||||
Keterangan :
1 –
2 : Kurang
3 : Cukup
4 : Baik
5 : Sangat
Baik
Ø Materi menulis alphabet dalam Bahasa Inggris
Kelas
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
A
|
v
|
||||
B
|
v
|
||||
C
|
v
|
||||
Keterangan :
1 –
2 : Kurang
3 : Cukup
4 : Baik
5 : Sangat
Baik
Ø Materi mewarnai alphabet
dalam Bahasa Inggris
Kelas
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
A
|
v
|
||||
B
|
v
|
||||
C
|
v
|
||||
Keterangan :
1 –
2 : Kurang
3 : Cukup
4 : Baik
5 : Sangat
Baik
Tabel sikap anak-anak terhadap materi yang disampaikan.
Ø Awal pengajaran
Kelas
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
A
|
v
|
||||
B
|
v
|
||||
C
|
v
|
||||
Keterangan :
1 –
2 : Kurang
memperhatikan
3 : Cukup memperhatikan
4 : Antusias
5 : Aktif
dalam kelas
Ø Akhir pengajaran
Kelas
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
A
|
v
|
||||
B
|
v
|
||||
C
|
v
|
||||
Keterangan :
1 –
2 : Kurang
memperhatikan
3 : Cukup memperhatikan
4 : Antusias
5 : Aktif dalam kelas
Kesimpulan :
Pada pengajaran
kali ini dapat diambil kesimpulan bahwa pada dasarnya anak-anak yang kami ajar
sangat antusias dengan materi yang kami sampaikan, namun setiap kelas memiliki
kemampuan menangkap materi dan sikap didalam kelas yang berbeda. Karena pada
setiap kelas beranggotakan anak-anak yang usianya berbeda, seperti :
Ø Kelas A : Anak usia 6-7 tahun
Ø Kelas B : Anak usia 5 tahun
Ø Kelas C : Anak usia dibawah 5 tahun
Karena perbedaan usia yang berbeda antar kelas maka kemampuan
anak-anak dalam kelas berbeda, seperti anak-anak kelas A sudah mampu membaca
dan menulis dengan sangat baik, kelas B baru bisa mengeja dan menulis,
sedangkan kelas C masih dalam tahap belajar membaca dan menulis.
Next to do :
Untuk
pengajaran kami selanjutnya kami akan berusaha untuk menambah media dalam
pengajaran dikelas, hal ini juga dikarenakan mayoritas saran yang kami dapatkan
dari guru pendamping dan kepala sekolah adalah media yang masih belum
diperbanyak lagi dan kami akan berusaha dengan sebaik mungkin untuk memperbaiki
juga. Hal itu juga menjadi pemikiran kami agar anak-anak yang kami ajar lebih
tertarik dan mengerti apa yang kami ajarkan meskipun daya menangkap materi tiap
kelas berbeda-beda.
Dokumentasi :
Dokumentasi :








Tidak ada komentar:
Posting Komentar