Teach For Indonesia - Hati Pancasila

Teach For Indonesia - Hati Pancasila

Sabtu, 10 Oktober 2015

BIMBEL Bersama TFI Minggu 1

BIMBEL Bersama TFI
Pembelajaran di TK Islam Al-Hasanah dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia ( TFI)










 
Nama Dosen      : Alexander Banus
Kode Dosen       : D4533
Kelas                 : LB04

Tanggal Pelaksanaan Pengajaran     : 6 oktober 2015
Waktu/ Jam pengajaran                    : 08:00-10:00 (2 jam)
Lokasi Pengajaran                             : TK Islam Al-Hasanah (Jl. Ciputat Raya RT 005/07 No.21 Kel Pondok Pinang)
Jumlah Peserta Didik                         : 43 anak terbagi dalam 3 kelas ( 20, 13, dan 10 perkelas)
Nama Kepala Sekolah TK                 : Ibu Yani
Anggota yang Hadir                           :
1. Fadhlurrahman Fajri Riyanto
2. Erland Dannalie
3. Hendy Candra
4. Devina Agustin Kusuma
5. Elisa Tanuwijaya
6. Christopher Xavier
7. Hantoro Wicaksono
Anggota yang Tak Hadir                  :




*Dari kiri ke kanan
Erland Dannalie, Hendy Candra, Hantoro Wicaksono ,Fadhlurrahman Fajri Riyanto, 
Devina, Elisa Tanuwijaya, Christopher Xavier.
 
Bagian Isi
1.     Teori             :
Karena ini merupakan minggu pertama pengajaran serta permintaan langsung dari pihak TK untuk mengajar Bahasa Inggris. Jad kali ini kami memulai mengajar tentang alphabet dalam Bahasa inggris untuk minggu ini.

2.     Persiapan    :
Kami mengumpulkan uang kas didalam kelompok guna membeli hadiah-hadiah untuk anak yang aktif di dalam kelas serta mendownload video kartun anak tentang alphabet Inggris sebagai media untuk mengajarkan alphabet dalam Bahasa inggris ke anak-anak. Kami juga menyiapkan alphabet dalam bentuk gambar untuk di warnai oleh anak-anak peserta didik



3.     Metode         :
Metode yang di gunakan adalah metode classroom. Kami memberikan sebuah video kartun anak berisi lagu mengenai alphabet dalam Bahasa Inggris, kemudian belajar melafalkan alphabet dan Bahasa Inggris kemudian belajar menulis alphabet 1 per 1 serta menanyakan apa alphabet tersebut dalam Bahasa Indonesia dan inggris sehingga peserta didik lebih cepat hafal alphabet tersebut. Kemudian ditutup dengan tugas mandiri kreatif anak-anak dengan mewarnai salah satu huruf dari alphabet, kemudian diadakan kuis untuk anak-anak tersebut yang nantinya diberikan hadiah.

4.     Pengukuran Kinerja :
Pada pengajaran kali ini kinerja yang diukur adalah :
1.           Waktu kehadiran
2.           Perilaku sopan santun
3.           Penggunaan atribut mahasiswa
4.           Penggunaan pakaian yang sopan
5.           Kekompakan dalam menjalankan tugas
Dan dari hasil evaluasi kami dari salah satu volunteer (ketua kelompok), guru pedamping, dan kepala sekolah, kelompok kami dapat memenuhi seluruh pengukuran kerja dengan baik.



Bagian Penutupan
HASIL KEGIATAN
Tabel pemahaman anak-anak terhadap materi yang disampaikan
Ø  Materi mengenal alphabet dalam Bahasa Inggris
Kelas
Nilai
1
2
3
4
5
A




v
B



V

C



V

Keterangan :
1 – 2   :  Kurang
3          :  Cukup
4          :  Baik
5          :  Sangat Baik

Ø  Materi mengingat alphabet dalam Bahasa Inggris
Kelas
Nilai
1
2
3
4
5
A




v
B



V

C

v



Keterangan :
1 – 2   :  Kurang
3          :  Cukup
4          :  Baik
5          :  Sangat Baik

Ø  Materi menulis alphabet dalam Bahasa Inggris
Kelas
Nilai
1
2
3
4
5
A




v
B



v

C


v


Keterangan :
1 – 2   :  Kurang
3          :  Cukup
4          :  Baik
5          :  Sangat Baik

Ø   Materi mewarnai alphabet dalam Bahasa Inggris
Kelas
Nilai
1
2
3
4
5
A




v
B




v
C



v

Keterangan :
1 – 2   :  Kurang
3          :  Cukup
4          :  Baik
5          :  Sangat Baik

Tabel sikap anak-anak terhadap materi yang disampaikan.
Ø  Awal pengajaran
Kelas
Nilai
1
2
3
4
5
A


v


B


v


C


v


Keterangan :
1 – 2   :  Kurang memperhatikan
3          :  Cukup memperhatikan
4          :  Antusias
5          :  Aktif dalam kelas




Ø  Akhir pengajaran
Kelas
Nilai
1
2
3
4
5
A




v
B



v

C



v

Keterangan :
1 – 2   :  Kurang memperhatikan
3          :  Cukup memperhatikan
4          :  Antusias
5          : Aktif dalam kelas

Kesimpulan :

                Pada pengajaran kali ini dapat diambil kesimpulan bahwa pada dasarnya anak-anak yang kami ajar sangat antusias dengan materi yang kami sampaikan, namun setiap kelas memiliki kemampuan menangkap materi dan sikap didalam kelas yang berbeda. Karena pada setiap kelas beranggotakan anak-anak yang usianya berbeda, seperti :

Ø  Kelas A : Anak usia 6-7 tahun

Ø  Kelas B : Anak usia 5 tahun

Ø  Kelas C : Anak usia dibawah 5 tahun

Karena perbedaan usia yang berbeda antar kelas maka kemampuan anak-anak dalam kelas berbeda, seperti anak-anak kelas A sudah mampu membaca dan menulis dengan sangat baik, kelas B baru bisa mengeja dan menulis, sedangkan kelas C masih dalam tahap belajar membaca dan menulis.

                                                                  

Next to do :
                Untuk pengajaran kami selanjutnya kami akan berusaha untuk menambah media dalam pengajaran dikelas, hal ini juga dikarenakan mayoritas saran yang kami dapatkan dari guru pendamping dan kepala sekolah adalah media yang masih belum diperbanyak lagi dan kami akan berusaha dengan sebaik mungkin untuk memperbaiki juga. Hal itu juga menjadi pemikiran kami agar anak-anak yang kami ajar lebih tertarik dan mengerti apa yang kami ajarkan meskipun daya menangkap materi tiap kelas berbeda-beda.

Dokumentasi : 




















 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar