BIMBEL Bersama TFI
Pembelajaran di TK Islam Al-Hasanah dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia ( TFI)Nama Dosen : Dian Anggraini Kusumajati SPsi.MPsi
Kode Dosen : D2978
Kelas : LB04
Tanggal
Pelaksanaan Pengajaran : 3 November 2015
Waktu/
Jam pengajaran : 08:00-10:00 (2 jam)
Lokasi
Pengajaran : TK Islam Al-Hasanah (Jl.
Ciputat Raya RT 005/07 No.21 Kel Pondok Pinang)
Jumlah
Peserta Didik :
43 anak terbagi dalam 3 kelas ( 20, 13,
dan 10 perkelas)
Nama
Kepala Sekolah TK :
Ibu Yani
Anggota
yang Hadir :
1. Fadhlurrahman Fajri Riyanto
2.
Erland Dannalie
3. Hendy Candra
4. Devina Agustin Kusuma
5. Elisa Tanuwijaya
6. Christopher Xavier
7. Hantoro Wicaksono
Anggota
yang Tak Hadir : -Bagian Isi
1. Teori :
Untuk minggu ke-5 ini, kami memberikan materi yang berbeda, untuk kelas yang diajar Erland, Devin, dan Hendy tentang telekomunikasi serta membuat mainan alat telekomunikasi dari bahan sampah yang didaur ulang , sedanglan untuk kelas yang diajar Fajri, Hantoro, Elisa, dan Christopher tentang alat transportasi dalam Bahasa inggris serta membuat mainan alat transportasi dari bahan sampah yang didaur ulang.
2. Persiapan :
Pertama kami berkonsultasi dengan guru pembimbing kami dan kami pun disarankan agar kegiatan setiap kelas berbeda sesuai dengan kemampuan murid-murid didiknya. Ada yang membuat mainan alat transportasi dari sampah yang didaur ulang dan ada juga yang membuat televise sederhana menggunakan kardus. Untuk mempersiapkan itu semua kami menyiapkan berbagai bahan yang bersumber dari sampah yang masih bisa didaur ulang seperti kardus bekas, botol bekas, dan kotak bekas minuman (teh kotak). Serta kami juga menyiapkan bahan-bahan dan alat-alat lainnya seperti kertas hvs, kertas origami, lem, crayon, dan juga gunting.
3. Metode :
Metode yang digunakan adalah metode classroom dan praktikum. Kami memulai dengan mengenalkan macam-macam alat transportasi dan telekomunikasi dalam bahasa inggris serta kegunaannya. Lalu kami ajak mereka untuk membuat mainan alat transportasi dari sampah yang didaur ulang dan ada juga yang membuat televise sederhana menggunakan kardus. Dan kami tutup dengan mengulang kembali kepada anak-anak tentang macam-macam alat transportasi dan telekomunikasi dalam bahasa inggris serta kegunaannya, tak lupa disertasi dengan nyanyian lagu anak-anak.
4. PengukuranKinerja :
Padapengajaran kali inikinerja yang diukuradalah :
1. Waktukehadiran
2. Perilakusopansantun
3. Penggunaanatributmahasiswa
4. Penggunaanpakaian yang sopan
5. Kekompakandalammenjalankantugas
6. Materidan media yang diberikan
Dan darihasilevaluasi kami darisalahsatu volunteer (ketuakelompok), guru pedamping, dankepalasekolah, kelompok kami sudah menunjukkan peningkatan yang luar biasa terutama dalam hal media pembelajaran dan komunikasi dalam mengajar.
BagianPenutupan
Hasil Kegiatan
Tabel pemahaman anak-anak terhadap materi yang disampaikan
Materi mengenai macam-macam alat transportasi dan
telekomunikasi dalam bahasa inggris serta kegunaannya.
|
Kelas
|
Nilai
|
||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
A
|
|
|
|
|
v
|
|
B
|
|
|
|
v
|
|
|
C
|
|
|
|
v
|
|
Keterangan :
1 – 2 : Kurang
3 : Cukup
4 : Baik
5 : SangatBaik
Materi membuat kreasi alat transportasi dan
telekomunikasi.
|
Kelas
|
Nilai
|
||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
A
|
|
|
|
|
v
|
|
B
|
|
|
|
|
v
|
|
C
|
|
|
|
|
v
|
Keterangan :
1 – 2 : Kurang
3 : Cukup
4 : Baik
5 : SangatBaik
Tabel sikap anak-anak terhadap materi
yang disampaikan.
Awalpengajaran
|
Kelas
|
Nilai
|
||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
A
|
|
|
|
|
v
|
|
B
|
|
|
|
|
v
|
|
C
|
|
|
|
|
v
|
Keterangan :
1 – 2 : Kurangmemperhatikan
3 : Cukupmemperhatikan
4 : Antusias
5 : Aktifdalamkelas
Akhirpengajaran
|
Kelas
|
Nilai
|
||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
A
|
|
|
|
|
v
|
|
B
|
|
|
|
|
v
|
|
C
|
|
|
|
|
v
|
Keterangan :
1 – 2 : Kurangmemperhatikan
3 : Cukupmemperhatikan
4 : Antusias
5 : Aktifdalamkelas
Kesimpulan :
Pada pengajaran kali ini anak-anak yang kami ajarkan masih menunjukkan rasa antusias yang luar biasa. Serta keaktifan mereka yang masih sangat luar biasa. Peningkatan media dalam materi pengajaran kami juga disambut dengan apresiasi positif dari kepala sekolah dan guru-guru pembimbing yang puas.
Next to do :
Kami akan terus mempertahankan yang kami capai ini dan akan terus mengembangkannya menjadi jauh lebih baik dari pertemuan yang sudah kami lakukan.
Pada pengajaran kali ini anak-anak yang kami ajarkan masih menunjukkan rasa antusias yang luar biasa. Serta keaktifan mereka yang masih sangat luar biasa. Peningkatan media dalam materi pengajaran kami juga disambut dengan apresiasi positif dari kepala sekolah dan guru-guru pembimbing yang puas.
Next to do :
Kami akan terus mempertahankan yang kami capai ini dan akan terus mengembangkannya menjadi jauh lebih baik dari pertemuan yang sudah kami lakukan.


Tidak ada komentar:
Posting Komentar